Rabu, 14 November 2012

TIPS-TIPS MENJAGA KESEHATAN


Awas ! Hubungan Seks Usia Dini Berpotensi Kanker Serviks


Siapa yang tidak tahu penyakit kanker? mendengarnya saja sudah merinding. Penyakit kanker adalah satu dari sederet penyakit mematikan. Salah satu penyakit kanker yang mematikan adalah kanker serviks. Tapi Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Premier Jatinegara Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan, penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai langkah dan upaya yang bisa kita lakukan.


Menurut dokter 
Indrawati Dardiri Sp OG, "Salah satu upaya pencegahan adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan, selain itu, perlu memelihara kesehatan tubuh dengan rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok". Seperti dikutip dari situs Republika.

Ada hal lain yang tak kalah penting terkait potensi terkena penyakit kanker serviks ini yaitu, "tidak melakukan hubungan seksual di usia dini juga dapat mencegah kanker serviks", katanya dalam seminar yang bertujuan menyebarluaskan pengetahuan tentang persoalan kesehatan khususnya kanker serviks.

Faktor makanan juga berpengaruh penting dalam mencegah pertumbuhan penyakit mematikan ini yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C serta E serta melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. "Data WHO juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia," katanya.

Setiap tahun, tambah dia, terdeteksi lebih dari 15 ribu kanker serviks di Indonesia dengan sekitar delapan ribu kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Sementara itu, kesehatan reproduksi, masih kata Dr Inrawati, merupakan hal yang penting bagi setiap wanita terutama yang telah memasuki usia kematangan seksual.

Lebih baik menjaga sejak dini daripada harus mengobati suatu saat nanti, semoga pernyataan 
Dr Indrawati Dardiri Sp OG diatas dapat menjadikan wanita indonesia sadar betul akan pentingnya menjaga pergaulan bebas khususnya bagi kaum perempuan di usia dini.

Tips Meningkatkan Jumlah ASI


Ada beberapa ibu yang merasa kesulitan dalam menyusui si kecil apalagi bagi si ibu yang baru pertama kali menysui, masalah yang timbul seringkali karena tidak keluarnya air susu ibu, hal ini bisa dikatakan wajar karena baru pertama kali mengalaminya. Jika hal ini sama yang terjadi pada anda, berikut ada bebrapa tips untuk meningkatkan jumlah ASI, semoga bermanfaat.
- Susuilah bayi lebih sering tanpa dijadwal, minimal 8 kali dalam 24 jam, tiap payudara 10 - 15 menit.
- Setiap menyusui gunakan payudara secara bergantian, jangan salah satu saja. Gunakan satu panyudara saja sampai habis, baru pindah ke payudara satunya.
- Saat sedang menyusui, ibu sebaiknya rileks dan dilingkungan yang tenang.
- Hindari menggunakan dot atau empeng dan usahakan bayi hanya menyusu pada ibu saja. Hal ini untuk mencegah bayi malas menyusu atau bingung puting.
- Hindari memberikan makanan tambahan selain ASI (sebaiknya hanya mendapat ASI saja sampai usia 6 bulan).
- Ibu  jangan berdiet/pantang makanan tertentu, dan sangat dianjurkan makan buah segar, daging, ikan, susu, sayur-sayuran, kacang-kacangan. Makanlah satu porsi (500 kalori) lebih banyak dari biasanya


Selain si ibu, ayah juga dapat berperan dalam membantu melancarkan jumlah ASI. Apabila istri menyaksikan anda melakukan hal-hal berikut, ia akan bahagia karena merasa mendapat dukungan dari anda. Kebahagiaan ini akan memicu produksi ASI agar lebih lancar lagi. Hal-hal yang dapat dilakukan suami antara lain.

- Menggendong si kecil saat istri sedang mandi, makan atau beristirahat.
- Membantu memijat payudara ibu agar tidak membengkak
- Memijat si kecil
- Mencukur rambut si kecil
- Mengganti popok si kecil
- Memberikan ASI perahan dengan sendok
- Menyanyikan lagu untuk meninabobokan si kecil

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh

Belakangan ini Anda merasa mudah sekali lelah dan sakit-sakitan? Kondisi tubuh Anda harus dijaga. Agar bisa tetap menjalani rutinitas sehari-hari, coba tips menjaga kebugaran tubuh berikut ini.

1. Jaga pola makan Anda. Makanlah dengan teratur, pagi, siang dan malam. Anda tidak terbiasa sarapan? Anda bisa mengawali hari dengan jus buah atau segelas susu. Menu makan siang pun jangan sembarangan. Empat sehat 5 sempurna ada baiknya Anda coba. Sebisa mungkin hindari fast food. Anda perlu sumber tenaga, oleh karena itu carilah sumber tenaga yang terbaik.

2. Penuhi kebutuhan tidur malam Anda. Kurang tidur pastinya membuat Anda mudah lelah. marah dan tak bisa berkonsentrasi. Usahakan tidur malam Anda sebanyak 9 jam. Jika porsi tidur ini belum bisa Anda penuhi, coba gantikan dengan istirahat tidur siang.

3. Stres bisa menjadi salah satu faktor yang membuat metabolisme tubuh Anda melemah. Stres bisa mempermudah penyakit masuk ke dalam tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Luangkan waktu untuk berbincang dengan sahabat atau hang out di tempat favorit Anda. Jadilah seseorang yang selalu diliputi rasa bahagia.

4. Olahraga dengan teratur tentu saja akan meningkatkan kesegaran tubuh Anda. Lakukan saja olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging bersama sahabat Anda. Lakukan dengan penuh suka cita. Karena olahraga yang dilakukan secara terpaksa juga tak bisa berbuah maksimal.

5. Ini tips yang biasa kita dengar. Minum air putih 8 gelas setiap hari. Dua liter air yang kita konsumsi itu gunanya untuk mengatur suhu tubuh aliran darah dan menyebarkan gizi ke seluruh tubuh Anda. Jadi tak ada ruginya Anda membiasakan diri mengkonsumsi air putih dengan takaran yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar